Manfaat Batu-Batuan

Manfaat Batu-Batuan
Candi Borobudur pixabay.com

Batuan yang terdapat di bumi dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan memenuhi kebutuhan hidup manusia. Batuan beku, yang berasal dari magma yang membeku, sangat cocok digunakan untuk pondasi jalan raya, pondasi landasan pesawat, bahan bangunan gedung betrtingkat, pondasi rumah dan lain- lain. Untuk keperluan tersebut, batu beku ukuran besar dipecah-pecah dengan martil atau mesin pemecah batu menjadi ukuran yang lebih kecil. Adakah batu beku di sekitar tempat tinggal kalian? Bila di suatu tempat sulit didapati batu beku untuk keperluan pondasi jalan misalnya, orang menggantikannya dengan batu gamping, yang diperoleh dari pegunungan kapur.

Pada jaman kerajaan Syailindra hingga kerajaan Majapahit, batu beku dari gunungapi banyak digunakan untuk pembangunan candi, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Panataran, dan lain-lain. 

Di daerah gunungapi dimana batuan beku ditemukan, banyak terdapat barang tambang yang sangat berharga, seperti emas dan perak, timah putih, bijih besi, tembaga, dan seng. oleh karena Indonesia banyak gunungapi, maka Indonesia juga kaya akan barang tambang, walaupun belum seluruhnya dapat diusahakan. Apakah Anda tidak ingin menjadi pengusaha tambang untuk menggali kekayaan alam Indonesia tersebut?
bangunan pixabay.com
Batuan sedimen seperti tanah liat digunakan untuk bahan dasar pembuatan batu bata, industri keramik, belah pecah, dan berbagai kerajinan tangan. Sedangkan batu gamping, digunakan sebagai bahan bangunan (industri kapur), dan bahan baku industri semen Batuan metamorf seperti batu marmer merupakan barang yang mahal harganya dan dapat digunakan untuk bahan bangunan, serta perhiasan rumah tangga. Batu marmer banyak ditemukan di daerah pegunungan kapur.

0 Response to "Manfaat Batu-Batuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel