Gempa bumi di Indonesia

Gempa bumi di Indonesia
Indonesia merupakan salah satu negara yang paling sering dilanda gempa bumi tektonik maupun gempa bumi lainnya, karena Indonesia dikelilingi oleh zona subduksi Daerah yang sering dilanda gempa adalah pegunungan Jayawijaya, pantai utara Irian, Maluku, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara, Nusatenggara, Jawa bagian selatan dan Sumatera bagian barat. Dengan adanya gempa sering diiringi tanah longsor, dan tsunami untuk daerah pantai. Oleh karena itu penduduk yang tinggal di daerah rawan gempa harus selalu waspada dan bangunan rumah tempat tinggal atau bangunan-bangunan lainnya harus dirancang tahan gempa. Gelombang tsunami dapat masuk ke daratan (pantai) hingga beberapa ratus meter dari garis pantai. Persebaran pusat-pusat gempa bumi di Indonesia.

Pada saat teriadi gempa perlu diwaspadai bencana pengiring gempa, yaitu bocornya pipa-pipa gas, pipa-pipa air minum, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, dan merebaknya penyakit menular seperti sakit perut, demam, dan sejenisnya karena gangguan sanitasi. Gempa susulan mungkin saja terjadi, oleh karena itu akan lebih bagus (untuk sementara waktu, sambil menunggu penerangan dari pemerintah) tinggal di lenda-tenda darurat.

Contoh yang bagus adalah penduduk Nabire (Irian) pada awal tahun 2004, yaitu setelah terjadi gempa tektonik dengan kekualan 6 skala Richter yang memporak-porandakan berbagai bangunan vital. Mereka mendirikan tenda-tenda darurat di halaman rumah dan tanah lapang untuk menghindari gempa susulan.

Mereka tinggal di tenda-tenda tersebut sampai ada penjelasan penuerinlah bahwa gempa susulan tidak terjadi lagi.
Wikipedia.org

Gempa bumi tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi di negara - negara lain yang lokasinya berdekatan dengan zone subduksi atau pergeseran lempeng. Negara yang sering dilanda gempa bumi antara lain Jepang. Pilipina, China, Iran, Turki, Amerika Serikat, dan begara-negara lain di pantai barat Amerika Selatan. Persebaran pusat gempa di dunia dapat diamati pada Ganibar 27 berikut ini.

0 Response to "Gempa bumi di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel