Deretan Pegunungan dan Gunungapi

Deretan Pegunungan dan Gunung api
Gambar Pegunungan sumber gambar pixabay.com
Terdapat dua deretan pegunungapi di dunia, yaitu jalur deretan Pegunungan Pasifik dan jalur deretan pegunungan mediteran. Deretan pegunungan mediteran membentang dari pegunungan (sirkum) ujung barat di Maroko sampai pegunungan di Indonesia melewati Eropa selatan, Asia Barat Daya, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan memasuki Indonesia. Beberapa pegunungan yang terkenal, yang menjadi bagian dari deretan pegunungan medeteran, antara lain: Peg. Atlas, Peg. Alpen, Peg. Jura, Peg. Himalaya, Peg. Arakanyoma, dan Bukit Barisan.

Sirkum Pasifik, merupakan jalur pegunungan yang membentang melingkari Samudera Pasifik, mulai dari ujung selatan Amerika Latin, Amerika Tengah, Amerika Utara, melintasi Selat Bearing memasuki Benua Asia pesisir timur melalui Jasirah Kamsyatka, Kep. Jepang, Philipina, masuk ke Indonesia dan terus ke Australia, hingga Selandia Baru (New Zealand). Pegunungan yang terdapat di jalur ini antara lain: Peg. Andes, Peg Pocky Mountauns, dan Peg. Sierra Nevada.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Indonesia merupakan tempat pertemuan antara deretan pegunungan medeteran dan sirkum Pasifik sehingga mengakibatkan banyaknya gununapi di Indonesia yang masih aktif dan juga sebagai tempat terdapat banyaknya gempa bumi. 

Gunung api di Indonesia
Dengan letak Indonesia yang dilalui oleh jalur pegunungan medeteran dan sirkum pasifik sehingga Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak meiliki gunungapi aktif. Tidak kurang dari 129 buah gunung aktif di Indonesia, 70 buah diantaranya sering meletus.
Di samping banyak gunungapi, di Indonesia terdapat deretan pegunungan, yaitu:

  1. Deretan pegunungan Sunda, yaitu jajaran pegunungan yang berjajar mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusatenggara, Maluku Selatan sampai yang terakhir di Pulau Banda
  2. Deretan pegunungan Sahul atau biasa disebut Sirkum Australia dimulai dari Pegunungan di Australia hingga ke puncak Jayawijaya, lebih jelasnya dimulai dari deretan pegunungan yang berjajar dari Australia, ujung timur Pulau Irian, masuk melalui bagian tengah Irian dengan puncak tertinggi Jayawijaya.
  3. Deretan pegunungan Sangihe adalah deretan pegunungan yang memanjang mulai dari Kepulauan Sangihe yang terletak di Sulawesi Utara sampai dengan Sulawesi Selatan, tepatnya dimulai dari  Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara menuju ke Minahasa, Teluk Gorontalo (Gunung Una-Una yang sering meletus) hingga Sulawesi Selatan.
  4. Deretan Pegunungan Halmahera hingga terus ke Kalimantan Indonesia. yaitu lebih jelasnya dimulai dari Pegunungan Halmahera menuju ke pegunungan di Pulau Talaut, Pulau Maju,Tifor di Maluku Utara, masuk ke Halmahera serta Pulau Ternate dan Tidore, belok ke timur menuju Kepala Deretan Pegunungan Kalimantan, deretan ini bermula dari Pulau Palawan (Pilipina) kemudian masuk ke Kalimantan Utara (Sabah, Malaysia), 

0 Response to "Deretan Pegunungan dan Gunungapi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel