Objek studi geografi

Setiap disiplin Ilmu memiliki objek studi dan ruang kajian tersendiri. Begitu pula dengan geografi yang juga memiliki objek studi dan ruang lingkup kajiannya. Terdapat banyak gejala dan fenomena yang terjadi di muka bumi yang menjadi objek studi geografi. Manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya sangat membutuhkan komponen – komponen yang ada di muka bumi.

Sebelum membahas tentang objek studi geografi, kita harus dapat menyimpulkan suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi dengan menjawab enam pertanyaan pokok, yaitu 5W + 1H. Pertanyaan pokok yang tejadi di muka bumi sebagai berikut.
  1. Dengan What (apa), geografi dapat menunjukkan fenomena yang terjadi.
  2. Dengan where (di mana), geografi dapat menunjukkan ruang atau tempat terjadinya fenomena tersebut.
  3. Dengan why (mengapa), geografi dapat menunjukkan factor penyebab melalui interaksi dan interelasi dari fenomena tersebut.
  4. Dengan when (kapan), geografi dapat menunjukkan waktu fenomena tersebut terjadi.
  5. Dengan who (siapa), geografi dapat menunjukkan subjek atau pelaku penyebab terjadi fenomena tersebut.
  6. Dengan how (bagaiman), geografi dapat menjelaskan proses terjadinya fenomena tersebut.

Para ahli geografi Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Geografi Indonesia (IGI) sepakat bahwa objek stuudi geografi dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.

1.Objek Material Geografi
Objek material  geografi merupakan sasaran kajian dalam studi geografi. Objek studinya adalah fenomena geosfer (permukaan bumi) yang meliputi sebagai berikut.
  1. Atmosfer, yaitu lapisan gas (udara) yang menyelimuti permukaan bumi. Adapun ilmu yang mengkajinya adalah meteorology dan klimatologi.
  2. Litosfer, yaitu lapisan batuan pembentuk muka bumi. Adapun ilmu yang mengkajinya adalah geologi, geomorfologi, dan petografi.
  3. Hidrosfer, yaitu lapisan air yang meliputi perairan di darat maupun di laut. Adapun ilmu yang mengkajinya adalah hidrologi dan oseanografi.
  4. Biosfer, yaitu lapisan kehidupan tumbuhan dan hewan (flora dan fauna). Adapun ilmu yang mengkajinya adalah biogeografi dan biologi.
  5. Antroposfer, yaitu lapisan kehidupan manusia. Hal tersebut menjadi kajian geografi pendudud, ekonomi dan politik.

0 Response to "Objek studi geografi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel